Saturday, July 6, 2013

Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Persen

4:03 AM By Unknown 1 comment

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Persen. Persen adalah cara untuk menyatakan bilangan pecahan yang berpenyebut seratus ( 100 ). Pecahan dalam bentuk persen banyak digunakan dalam bidang ekonomi, maupun kegiatan ilmiah. Dalam bidang perniagaan, persen sering kali digunakan untuk menyatakan besarnya potongan harga (diskon), juga untuk menyatakan besarnya kenaikan harga, dibandingkan harga semula. 

Dalam kegiatan ilmiah persen sering digunakan untuk menyatakan kadar suatu zat pada
bahan tertentu. Sebagai contoh misalnya suatu produk makanan kadar gulanya 20 %, artinya dalam setiap 100 gram makanan tersebut, terkandung 20 gram gula.

Persen artinya perseratus. Sehingga nama pecahan biasa yang penyebutnya seratus diberi nama persen dengan lambangnya %. Untuk mengubah pecahan biasa menjadi persen, dicari lebih dahulu pecahan senilainya yang berpenyebut 100.  

Cara mengubah pecahan biasa menjadi persen dapat dilakukan seperti contoh ini :
Sebaliknya untuk mengubah persen menjadi pecahan biasa, dapat dilakukan dengan mengubah persen menjadi perseratus, yang selanjutnya diubah menjadi pecahan yang paling sederhana. 

Untuk lebih mempercepat pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan persen juga dapat menggunaka Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut. Contoh FPB (25, 100) = 25. Jadi pembagi untuk pembilang dan penyebutnya adalah 25.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 4:03 AM

1 comments:

  1. Rumus Mencari Pecahan biasa ke bentuk desimal 6 per 20 gimana ka?

    ReplyDelete