Friday, July 5, 2013

Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal

12:48 PM By Unknown 9 comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal. Dalam pengerjaan hitung bilangan pecahan, agar pengerjaan menjadi lebih mudah perlu mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang sejenis. Pecahan desimal adalah bentuk lain dari suatu pecahan. Ciri khas dari pecahan desimal adalah tanda koma ( , ) Penyebut dari pecahan desimal adalah 10 atau kelipatan 10 (100, 1000, 10000, dan seterusnya).
  • Satu angka dibelakang koma berarti penyebutnya 10. Contoh: 0,6 = enam per sepuluh.
  • Dua angka dibelakang koma berarti penyebutnya 100. Contoh: 2,03 = dua, tiga per seratus.
  • Tiga angka dibelakang koma berarti penyebutnya 1.000. Contoh : 0,125 = satu dua lima per seribu.
Dan seterusnya...

Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, dicari dahulu pecahan senilainya yang penyebutnya berbasis sepuluh (persepuluhan, perseratusan, perseribuan dan sebagainya). Penggunaan pecahan desimal dapat dimunculkan dalam pembelajaran antara lain sebagai berikut.

Untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan desimal dapat dilakukan dengan cara “menjadikan” penyebutnya dalam 10, 100, 1000, dan seterusnya.
Ada satu cara lagi untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, yaitu dengan membagi pembilang dan penyebut. Cara ini membutuhkan keterampilan membagi bilangan.
Diantara ketiga cara tersebut diatas, menurut saya yang paling mudah adalah cara ketiga ( membagi pembilang dan penyebut). Untuk bilangan-bilangan yang hasil pembagianya tidak berakhir bilangan dibulatkan dua atau tiga desimal.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 12:48 PM

9 comments: