Sunday, July 7, 2013

Mengubah Pecahan Biasa ke Campuran

3:55 AM By Unknown No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Mengubah Pecahan Biasa ke Campuran. Sebelum kita mempelajari materi ini, kamu perlu
mengingat kembali, hal berikut: tidak semua pecahan (biasa) dapat dirubah ke dalam bentuk pecahan campuran. Hanya pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya saja yang dapat dirubah menjadfi pecahan campuran. Mengubah pecahan biasa (yang pembilangnya lebih dari penyebutnya) menjadi pecahan campuran dilakukan dengan cara penanaman konsep (menggunakan peragaan) dan tehnik (menggunakan pembagian bersusun). Permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan hal tersebut dapat diberikan contoh sebagai berikut.
Ibu membeli gula pasir sebanyak 7 kantong plastik. Setiap kantong berisi 1/2 kg. Berapa kg gula yang dibeli ibu?
1. Menggunakan peragaan
2. Menggunakan Pembagian
Bila peragaan telah dilakukan, selanjutnya siswa perlu pula dilatih untuk cara cepat/tehnik dengan pembagian. Hasil bagi (7:2) = 3, sisanya 1. Sehingga 7/2 = 3  1/2. Atau dengan cara pembagian bersusun sebagai berikut.
Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa
Bila anda mau mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa maka langkahnya merupakan kebalikan dari mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dengan menggunakan gambar persegi panjang.

1. Dengan Peragaan
Contoh : Ubahlah 2 2/3  menjadi pecahan biasa.
2. Secara Mekanik
Selain seperti contoh di atas, kita dapat merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dengan cara yang lain Yakni dengan menggunakan prinsip perkalian sebagai penjumlahan berulang. Perhatikan contoh berikut:

Jika kita ingin merubah 7/4 menjadi pecahan campuran, kita jadikan pembilang ( 7 ) sebagai penjumlah berulang dari 4 (penyebut). Kemudian kita hitung berapa angka empat yang kita dapatkan. Banyaknya angka empat akan menjadi bilangan bulatnya, sedangkan sisanya akan menjadi pecahannya.
Maka :   7 = 4 + 3 = 1 3   --> kita hanya mendapatkan 1 angka 4, sisa 3               
                4        4           4
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 3:55 AM

0 comments:

Post a Comment