Thursday, July 4, 2013

Cara Cepat Membandingkan Pecahan

9:53 AM By Unknown 6 comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Cara Cepat Membandingkan Pecahan. Untuk dapat membandingkan pecahan secara cepat dapat dilakukan dengan cara membandingkan pembilang atau penyebut pecahan tersebut.  Namun apabila penyebut pecahan tidak sama, maka penyebut harus disamakan terlebih dahulu.  Berikut beberapa teknik cepat yang biasa dilakukan, antara lain :

1. Pembilang sama
Dari pengalaman-pengalaman peragaan membandingkan pecahan dapat dilihat bahwa 3/4 <  
3/6 < 5/8. Pada pecahan positip, bila pembilangnya sama, maka pecahan yang nilainya lebih dari adalah pecahan yang penyebutnya mempunyai angka bernilai kecil. Sedangkan untuk pecahan negatip akan terjadi sebaliknya.

2. Penyebutnya sama
Pecahan yang penyebutnya sama mudah dibandingkan melalui peragaan-peragaan luas daerah maupun kepingan-kepingan pecahan.
Pada pecahan positip, bila penyebutnya sama, maka pecahan yang lebih dari adalah pecahan yang pembilangnya mempunyai angka lebih dari yang lain.

3. Pembilang dan penyebut tidak sama
Bila pembilang dan penyebutnya tidak sama menggunakan cara silang. Cara silang sebenarnya adalah mencari pecahan senilainya yaitu dengan menyamakan penyebut.  Meskipun demikian perkalian silang ini semata-mata hanya teknik supaya cepat dalam menentukan hasil.
Ada satu cara lagi yaitu dengan mengubah pecahan ke bentuk desimal, namun anda harus terlebih dahulu menguasa teknik atau cara mengubah pecahan biasa ke pecahan desimal. Dengan menggunakan cara ini akan lebih mudah, apabila bilangan di depan koma sama tinggal dilihat bilangan dibelakang koma mana yang lebih besar.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 9:53 AM

6 comments: