Thursday, July 4, 2013

Membandingkan Pecahan

12:41 AM By Unknown No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Membandingkan Pecahan. Untuk dapat membandingkan dan mengurutkan pecahan dapat
dilakukan dengan bantuan bangun-bangun geometri atau blok pecahan Bangun-bangun geometri dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membandingkan dan mengurutkan pecahan biasa. Bahan yang digunakan sebaiknya mudah dilipat, diwarnai atau dipotong untuk mengurutkan luasan dari daerah bangun-bangun, sehingga dapat dilihat urutan dari luasan yang mewakili urutan dari bilangannya.
Selain menggunakan bangun-bangun geometri untuk membandingkan pecahan juga dapat menggunakan kepingan-kepingan pecahan. Kepingan-kepingan pecahan digunakan untuk membandingkan pecahan biasa. Perhatikan kepingan pecahan berikut ini.
Dari peragaan dan gambar tersebut, kita dapat membandingkan dan sekaligus mengurutkan bilangan-bilangan pecahan yang diinginkan.

Selain dua cara di atas untuk membandingkan pecahan dapat dilakukan dengan menyamakan penyebut. Misal kita bandingkan ,2/3 dan 3/4 dengan cara menyamakan penyebutnya atau menentukan pecahan senilainya lebih dulu. Jadi akan ditemukan. 2/3 =8/12 dan 3/4 = 9/12. Setelah penyebutnya sama kita bandingkan pembilangnya. Karena 9 > 8 maka  3/4 > 2/3. Apabila siswa sudah mengenal KPK, maka dapat ditemukan bahwa 12 adalah KPK dari penyebut 3 dan 4. KPK ini dipakai menjadi penyebut kedua pecahan.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 12:41 AM

0 comments:

Post a Comment