Wednesday, July 3, 2013

Pecahan Senilai

10:33 AM By Unknown No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Pecahan Senilai. Pecahan adalah perbandingan banyak benda yang diketahui. Atau pecahan
dapat di tulis dalam bentuk a/b, dimana a sebagai pembilang dan b sebagai penyebut.  Pecahan senilai yaitu dua pecahan atau lebih yang pembilang dan penyebutnya berbeda, tapi nilai pecahan-pecahan tersebut sama. Dalam pecahan senilai dapat diketahui bahwa pecahan senilai adalah dua bentuk perbandingan antara pembilang dan penyebut yang memiliki nilai yang sama, dimana perlu penyederhanaan pecahan dalam memperoleh pecahan senilai.  Pecahan senilai juga dapat dihasilkan dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. 

Contoh soal pecahan senilai adalah sebagai berikut : 
Ibu memotong sebuah apel menjadi 4 bagian yang sama. Adik makan 2 potong dari apel tersebut. Nyatakan dalam 2 simbol pecahan dari apel yang dimakan adik.
Dari peragaan menggunakan apel tersebut terlihat bahwa apel yang dimakan adik adalah 2/4 atau 1/2

Peragaan dengan kertas
Pecahan 1/2, 2/4, 4/8  dapat dibuktikan dengan menggunakan 3 lembar kertas yang berbentuk persegipanjang. Anggap selembar kertas itu sebagai 1 bagian utuh. Satu lembar kertas dilipat menjadi 2 bagian yang sama, setiap bagian mewakili bilangan 1/2.Kemudian 1 lembar yang lain dilipat menjadi 2 bagian yang sama, sehingga bagian yang mewakili 1/2 tadi menjadi 2/4 .Bila digambarkan lipatan-lipatan tersebut sebagai berikut.
Pada gambar di atas tampak jelas bahwa 1/2 senilai dengan 2/4 atau 4/8, sehingga 1/2 = 2/4 = 4/8

Peragaan dengan garis bilangan
Pecahan senilai dapat pula ditunjukkan dengan menggunakan alat peraga garis bilangan. Berikut ini ditunjukkan beberapa pecahan senilai dengan menggunakan garis bilangan, yang digambarkan pada kertas berpetak.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 10:33 AM

0 comments:

Post a Comment