Wednesday, June 26, 2013

Luas Permukaan Prisma Tegak Segitiga

3:09 AM By Unknown , No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Luas Permukaan Prisma Tegak Segitiga. Pengukuran luas permukaan bangun ruang dapat
dilakukan dengan menggunakan media jaring-jaring dari bangun ruang yang diukur. Jaring-jaring Bangun Ruang. Jaring–jaring adalah pembelahan sebuah bangun yang berkaitan sehingga seandainya digabungkan akan menjadi sebuah bangun ruang tertentu. Untuk membuat jaring-jaring bangun ruang dapat dilakukan dengan cara membelah bangun tersebut menurut rusuk-rusuknya. Jaring-jaring prisma tegak segitiga mempunyai 5 sisi yang terpisah menjadi 2 kelompok yaitu 2 sisi berbentuk segitiga  (alas dan tutup) dan 3 sisi berbentuk persegipanjang. 

Dalam geometri, prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup identik berbentuk segitiga dan sisi-sisi tegak berbentuk segiempat. Dengan kata lain prisma adalah bangun ruang yang mempunyai penampang melintang yang selalu sama dalam bentuk dan ukuran.

Sifat Prisma Segitiga:
1. Memiliki alas dan atas berbentuk segitiga
2. Memiliki 5 sisi. panjang.
4. Memiliki 6 titik sudut
3. Memiliki 9 rusuk, rusuk tegaknya sama

Perhatikan jaring-jaring prisma tegak di bawah ini :
Prisma tegak segitiga samasisi ABC.DEF mempunyai 5 sisi yang terpisah menjadi 2 kelompok yaitu 2 sisi berbentuk segitiga samasisi (alas dan tutup) dan 3 sisi berbentuk persegipanjang. LΔ ABC = LΔ DEF =1/2 x a x t1. Garis tinggi pada segitiga tegak lurus alas dan memotong alas segitiga tepat di tengah-tengah.
Luas permukaan Prisma ABC.DEF= 2 x (½ x a x t1) + 3 x a x t
Berdasarkan gambar di atas jika diketahui a =12 cm; t1 = 10,4 cm; dan t = 15 cm, dapat ditentukan luas permukaan prisma tegak segitiga sebagai berikut.
Luas = 2 x (½ x a x t1) + 3 x a x t
          = 2 x (½ x 12 x 10,4) + 3 x 12 x 15
          = 2 x (½ x 122,4) + 540
          = 122,4 + 540
          = 662,4 cm²
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 3:09 AM

0 comments:

Post a Comment