Wednesday, June 12, 2013

Bilangan Pecahan

2:04 AM By Unknown , No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Bilangan pecahan adalah bilangan yang berbentuk Q = a/b, b ≠ 0, a dan b bilangan bulat. a dinamakan pembilang, b dinamakan penyebut, dan garis di bawah a dan di atas b disebut garis pecahan.. Hakikat transaksi dalam bilangan pecahan adalah bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut. Penyederhanaan pembilang dan penyebut akan memudahkan dalam operasi aritmetika sehingga tidak menghasilkan angka yang terlalu besar tetapi tetap mempunyai nilai yang sama. Contohnya: bila dibandingkan antara 50/100 dan ½ maka lebih mudah dan sederhana melihat angka ½. 50/100 terlihat sebagai ”angka raksasa” yang kelihatannya lebih kompleks dibandingkan ½, padahal sebenarnya kedua angka ini tetap memiliki nilai yang sama. Ada beberapa jenis bilangan pecahan, antara lain sebagai berikut.

1. Bilangan Pecahan Murni 
Perhatikan bilangan-bilangan pecahan pada gambar. Beberapa bilangan pecahan tersebut
dapat dikelompokkan menjadi 2 buah kelompok, yaitu kelompok  pertama dan kelompok kedua. Kelompok pertama terdiri dari bilangan-bilangan pecahan yang kurang dari 1, yaitu 1/3; 2/5; 5/7; 2/6; dan 4/10. Kelompok kedua terdiri dari bilangan yang lebih  besar dari 1, yaitu 12/5. 

Kita dapat lagi membagi kelompok pertama menjadi dua sub kelompok,  yaitu sub kelompok A dan sub kelompok B. Sub kelompok A terdiri dari bilangan pecahan yang  FPB dari pembilang dan penyebutnya adalah bilangan 1. Sub kelompok A ini adalah 1/3; 2/5; 5/7. Sedangkan sub kelompok B terdiri dari bilangan pecahan yang FPB dari pembilang dan 
penyebutnya bukan bilangan 1. Sub kelompok B ini adalah 2/6 dan 4/10.

Pada kelompok 1 sub kelompok A, yaitu bilangan pecahan  yang kurang dari 1 dan FPB dari pembilang dan penyebutnya adalah bilangan 1. Bilanganbilangan itu adalah1/3; 2/5 dan 5/7. Suatu bilangan pecahan yang mempunyai ciri-ciri seperti ini dinamakan bilangan pecahan murni atau bilangan pecahan sejati atau bilangan pecahan paling  sederhana.

2. Bilangan Pecahan Senama
Perhatikan pecahan berikut 1/3; 2/5; 5/7; 2/6; 3/6; dan4/6. Beberapa bilangan pecahan tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 buah kelompok, yaitu kelompok pertama dan kelompok kedua. Kelompok pertama terdiri dari bilangan-bilangan pecahan yang mempunyai penyebut bilangan 6 yaitu : 2/6; 3/6; dan 4/6, dan kelompok kedua terdiri dari bilangan-bilangan pecahan yang mempunyai penyebut bukan bilangan 6 yaitu : 1/3; 2/5; dan 5/7. Kita perhatikan kelompok  pertama, yaitu bilangan pecahan yang mempunyai ciri penyebutnya adalah bilangan yang sama.  Bilangan-bilangan pecahan yang mempunyai penyebut sama adalah bilangan dinamakan  bilangan-bilangan pecahan senama

3. Pecahan Campuran
Perhatikan pecahan berikut : 1 1/4; 8/5; 4/6; 1/3; 2/5; dan 5/7. Beberapa bilangan pecahan tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 buah kelompok, yaitu  kelompok pertama dan kelompok kedua. Kelompok pertama terdiri dari bilangan-bilangan  pecahan lebih dari 1, yaitu 1 1/4 dan 8/5 dan kelompok kedua terdiri dari bilangan-bilanganpecahan yang kurang dari 1, yaitu : 4/6; 1/3; 2/5; dan 5/7. Perhatikan kelompok pertama, yaitu  bilangan pecahan yang mempunyai ciri nilainya lebih dari 1. Bilangan-bilangan pecahan yang mempunyai pembilangnya lebih besar dari penyebtnya, atau bilangan yang lebih besar dari 1  dinamakan bilangan pecahan campuran.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 2:04 AM

0 comments:

Post a Comment