Wednesday, July 10, 2013

Perkalian Bilangan Asli dengan Pecahan Biasa

6:33 AM By Unknown , , No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Perkalian Bilangan Asli dengan Pecahan Biasa. Bialangan asli yaitu himpunan bilangan bulat positif yang bukan nol (1,2,3,4,5,….). bilangan asli merupakan salah satu konsep matematika yang sederhana dan termasuk konsep pertama yang bisa dipelajari dan dimengerti oleh manusia, sehingga wajar jika bilangan asli merupakan jenis pertama dari bilangan yang digunakan untuk membilang dan menghitung. Sepuluh angka pertama Bilangan Asli  adalah  (1,2,3,4,5,6,7,8,9,10). Permasalahan bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan ada dalam kehidupan nyata sehari-hari dengan contoh-contoh sebagai berikut.
  • Setiap resep kue kering memerlukan 1/4 kg gula halus. Berapa kg gula yang
    diperlukan bila bu 
    Adit mau membuat 10 resep kue?
  • Setiap anak memerlukan 1/5  meter pita untuk membuat kerajinan bunga. Berapa meter pita yang diperlukan bila ada 3 anak yang mau membuat kerajinan bunga?
  • Setiap anak memerlukan 2/5 meter pita untuk membuat tali kado. Berapa meter pita yang diperlukan oleh 3 anak untuk membuat tali kado?
Contoh-contoh permasalahan sehari-hari tersebut berguna untuk memahamkan konsep kepada anak. Benda-benda kongkret sederhana seperti pita atau tali dapat dijadikan media pembelajaran sebelum masuk pada tahap semi kongkret berupa gambar. Berikut ini diberikan contoh alternatif penyelesaian dari 2 permasalahan.
Contoh 1 :
Ani, Beta, dan Cica akan membuat bunga dengan masing-masing memerlukan 1/5 meter pita. Berapa meter pita yang diperlukan untuk 3 anak?Bila setiap anak memerlukan 1/5 m pita, maka 3 anak akan memerlukan … m pita.
Contoh 2 :
Ati, Bety, dan Cindi akan membuat bunga dan masing-masing memerlukan 2/5 m pita. Berapa meter pita yang diperlukan untuk 3 orang anak? Bila setiap anak memerlukan 2/5m pita, maka 3 anak memerlukan … m pita.
Dari 2 contoh tersebut dapat dibuat kesimpulan berdasar pola yang terjadi sebagai berikut.
Dalam kalimat sederhana dapat dinyatakan sebagai berikut :
bilangan asli dikalikan dengan pecahan biasa hasilnya adalah bilangan asli dikalikan pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 6:33 AM

0 comments:

Post a Comment