Saturday, June 15, 2013

Menyajikan Data Diagram Garis

12:18 AM By Unknown No comments

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Menyajikan Data Diagram Garis, Selain menggunakan tabel, data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram batang, lingkaran, dan diagram garis. Penyajian data dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus atau diagram garis. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu datar menunjukkan waktu-waktu pengamatan, sedangkan sumbu tegak menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan pengamatan membentuk titik-titik pada bidang diagram, selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau grafik garis.

Untuk membuat diagram garis langkah-langkah pengumpulan data sama dengan pengumpulan data pada bentuk diagram yang lainnya. Perhatikan data hasil panen cengkeh desa Sukamaju dalam lima tahun terakhir seperti terlihat dalam tabel di bawah ini.
Data  Hasil Panen Cengkeh
No.
Tahun
Hasil Panen (ton)
 1
2007
250
2
2008
350
3
2009
150
4
2011
200
5
2013
400
Jumlah
1.350
Dari data hasil panen tersebut dapat dibuat diagram garis seperti gambar di bawah ini.
Pada gambar diagram garis di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Sumbu tegak berisi skala angka dengan jarak 50 angka (loncat 50), data tersebut menunjukan banyaknya (frekuensi) hasil panen cengkeh dalam ton;
  2. Sumbu datar berisi data tahun panen cengkeh.
Skala pada sumbu tegak dapat disesuaikan dengan banyak sedikitnya data (frekuensi). Skala tersebut bisa menggunakan bilangan loncat 10, 20, 100, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Skala sumbu tegak ini untuk nilai tertingginya disesuaikan dengan frekuensi data tertinggi.  

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Ditulis oleh: Tugino Thok Math for Fun Updated at : 12:18 AM

0 comments:

Post a Comment